Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

Makanan penyebab keputihan pada wanita | Bahan makanan penyebab keputihan sering tidak diketahui oleh banyak orang. Hal itu dikarenakan masih sedikit wanita yang tahu jenis makanan apa saja yang membuatnya terkena keputihan berlebihan. Keputihan adalah hal wajar yang akan dialami oleh setiap wanita, namun ada saatnya keputihan itu dianggap tidak wajar karena dianggap sebagai keputihan patologis.

Penyebab Keputihan Wanita

Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

Meskipun keputihan normal terjadi namun ada hal yang bisa menyebabkan keputihan menjadi tidak normal. Sayangnya banyak wanita tidak menyadari hal apa saja yang bisa menyebabkan keputihan.  Berikut ini faktor yang menyebabkan keputihan :

1. Keputihan Lembab.

Banyak wanita yang membiarkan organ intimnya lembab. Kondisi itu bisa terjadi saat wanita sehabis buang air tidak mengeringkan organ intimnya. Tidak hanya itu saja, cairan keputihan yang banyak dan tidak normal juga bisa membuat kondisi organ intim menjadi lembab dan tidak nyaman.

2. Bakteri dan jamur  

Organ kewanitaan yang lembab bisa menyebabkan bakteri dan jamur bisa tumbuh dan berkembang di organ kewanitaan. Jika organ kewanitaan sudah ditumbuhi dengan bakteri dan jamur, akibatnya adalah keputihan dan rasa gatal pada organ intim.

3. Radang dan kelainan serviks

Orang yang mengalami radang dan kelainan di serviks bisa membuatnya terkena keputihan. Hal itu dikarenakan radang dan kelainan itu bisa disebabkan oleh serviks yang telah terinfeksi kuman dan jamur. Oleh sebab itulah penanganan lebih lanjut diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

Tidak hanya faktor di atas yang bisa menjadi penyebab keputihan, beberapa makanan juga bisa menjadi penyebabnya. Wanita perlu curiga di saat yang seharusnya tidak mengalami keputihan namun malah mengalaminya. Tidak hanya itu saja, makanan penyebab keputihan itu bisa membuat wanita yang mengalami keputihan bisa memiliki cairan keputihan yang berlebihan. Sehingga rasa tidak nyaman pun akan menyerang wanita yang sedang terkena keputihan. Berikut ini berbagai macam makanan yang menjadi penyebab keputihan :

1. Tape Singkong

Tape singkong adalah makanan yang melalui proses fermentasi. Makanan itu diberikan ragi untuk menciptakan proses fermentasi. Tape singkong yang diberikan proses fermentasi bisa menjadi makanan berbahaya yang bisa membuat wanita mengalami keputihan. Ragi yang digunakan dalam proses fermentasi bisa menciptakan lendir dan membuat lendir lebih banyak pada wanita yang mengalami keputihan.

2. Jamur

Berbagai macam makanan dari bahan dasar jamur bisa menjadi makanan penyebab keputihan. Hal itu dikarenakan di dalam jamur terdapat kandungan ragi di dalamnya. Ragi bisa membuat wanita mengeluarkan lendir yang berlebihan.

3. Pasta Tomat

Pembuatan makanan dengan jenis pasta terutama tomat dibuat dengan cara fermentasi. Berbeda dengan manfaat tomat segar, fermentasi yang biasa dilakukan menggunakan ragi namun ragi bisa membuat wanita terkena keputihan dan merangsang lendir yang berlebihan.

4. Keju

Keju adalah makanan yang juga melalui proses fermentasi. Ada keju yang dibuat dengan dipasteurisasi dan ada jenis keju yang tidak mengalami dipasteurisasi. Keju yang tidak mengalami proses dipasteurisasi bisa menjadi makanan penyebab keputihan wanita bertambah parah karena keju tersebut belum disterilkan. Hal ini seperti manfaat yoghurt untuk ibu hamil yang perlu dipasteteurisasi dahulu.

5. Timun

Timun adalah buah yang segar saat dijadikan lalapan. Timun adalah buah pantangan makanan ibu hamil yang mengalami keputihan. Hal itu dikarenakan timun bisa merangsang timbulnya hormon estrogen yang membuat lendir penderita keputihan semakin banyak.

6. Telur

Kandungan protein dan kalori yang ada di dalam telur bisa membuat wanita mengeluarkan lendir yang berlebihan. Pada wanita yang tidak sedang mengalami keputihan pun bisa mudah terserang keputihan karena tingginya protein dan kalori di dalam telur. Jangan memakan telur terlalu banyak, dalam sehari usahakan hanya memakan telur maksimal 4 butir.

7. Udang

Udang adalah makanan penyebab keputihan yang dipantang saat wanita mengalami keputihan. Mengkonsumsi udang lebih dari 100 gram per hari bisa menyebabkan wanita mengeluarkan lendir yang berlebihan.

8. Manisan

Manisan yang dijual bebas di pasar tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengalami keputihan. Kandungan gula fruktosa di dalamnya bisa merangsang lendir yang berlebihan di organ intim wanita.

9. Nanas

Buah nanas selain larangan ibu hamil namun juga membuat organ wanita semakin becek. Nanas juga bisa membuat wanita yang tidak mengalami keputihan menjadi mengalami keputihan. Alasannya adalah sebagai berikut ini :

Nanas bisa merangsang keluarnya lendir yang berlebihan dari organ wanita. Nanas juga bisa menciptakan lendir di organ wanita.

Kandungan asam di dalam nanas tidak baik untuk asam lambung. Karena bisa membuat kondisi asam lambung meningkat.

Kondisi asam lambung yang meningkat bisa membuat reaksi pengaktifan bakteri.

Pengaktifan bakteri itu ada di dalam lambung dan menyebabkan makanan menjadi busuk di dalam lambung.

Makanan yang telah dibusukkan dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk lendir yang keluar dari vagina. Lendir inilah yang dikeluarkan saat wanita mengalami keputihan atau menyebabkan wanita menjadi mengalami keputihan.

10. Buah Kaleng

Semakin berkembangnya jaman, teknologi pengolah makanan pun semakin maju. Salah satu bukti kemajuan teknologi adalah adanya buah yang dikalengkan. Jika dulu hanya ada daging dan ikan kaleng saja, saat ini ada buah kaleng. Buah kaleng tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengalami keputihan. Hal itu dikarenakan buah yang dikalengkan memiliki bahan pengawet tinggi, pemanis buatan tinggi dan gula fruktosa yang tinggi. Banyak mengkonsumsi buah kaleng bisa merangsang keluarnya banyak lendir dari organ wanita.

11. Manisan Buah Kering

Manisan buah yang dikeringkan menggunakan kapur sirih dan ragi di dalamnya. Ragi dan kapur sirih yang digunakan bisa membuat pertumbuhan bakteri dan jamur yang ada di dalam organ wanita, terutama bakteri jahat bisa menyebabkan terjadinya keputihan.

12. Mengkonsumsi Soft Drink

Soft drink memiliki kandungan gula yang tinggi. Tidak hanya itu saja, pengawet dan pemanis buatannya juga sangat tinggi. Terlalu banyak mengkonsumsi soft drink bisa membuat jamur dan bakteri jahat di dalam vagina berkembang dengan pesat dibandingkan dengan sebelumnya. Salah satu jenis jamur yang bisa berkembang karena banyak konsumsi soft drink dalah jamur candida albicans. Jamur adalah salah satu penyebab keputihan pada wanita.

13. Makanan yang Manis

Makanan yang manis juga bisa memicu tumbuhnya perkembangan jamur di vagina wanita. Makan-makanan yang manis memang melezatkan namun akibatnya lendir yang dikeluarkan akan berlebihan bahkan bisa menjadi makanan keputihan bagi wanita.

14. Anggur Dan Pisang

Buah memang baik untuk kesehatan, namun ada buah khusus yang menjadi pantangan yaitu anggur dan pisang. Jika tidak dikonsumsi secara berlebihan anggur dan pisang akan menyehatkan. Hal ini ditemukan pada manfaat pisang dan manfaat anggur untuk ibu hamil

Namun jika dikonsumsi secara berlebihan anggur dan pisang bisa menyebabkan timbulnya keputihan. Hal itu dikarenakan anggur dan pisang memiliki kadar glikemik atau kadar gula buah yang tinggi. Glikemik itu bisa membuat pertumbuhan jamur dan bakteri menjadi lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya.

15. Gorengan

Gorengan tidak boleh dikonsumsi oleh wanita, karena gorengan bisa menjadi makanan penyebab keputihan wanita dan mengeluarkan lendir yang berlebihan. Penyebabnya adalah gorengan dibalur dengan tepung kualitas rendah. Tepung dengan kualitas rendah tinggi karbohidrat yang bisa meningkatkan kandungan gula di dalam tubuh. Tepung bisa memberikan efek yang sama dengan berbagai macam makanan dan minuman yang manis. (Baca juga : ibu hamil makan gorengan)

16. Makanan Pedas

Kandungan cabai yang dipadukan dengan makanan bisa membuat wanita mengalami keputihan. Capsicum yang ada di dalam cabai tidak hanya memberikan rasa pedas saja namun bisa merangsang pertumbuhan bakteri penyebab timbulnya lendir di dalam vagina. Makanan pedas sering dikonsumsi saat ibu hamil mengalami morning sickness, batasi pula konsumsinya agar terhindar dari keputihan.

17. Bengkoang

Bengkoang adalah buah segar yang memiliki banyak kandungan air. Namun kandungan air tersebut bisa menyebabkan timbulnya lendir yang berlebihan di dalam tubuh. Tidak hanya banyak air saja namun bengkoang juga memiliki kadar gula yang tinggi sama halnya dengan anggur dan pisang.

Gula buah yang tinggi pada bengkuang dipercaya sebagai faktor pemicu timbulnya lendir yang berlebihan di vagina. Namun terdapat manfaat bengkoang untuk ibu hamil jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Wanita harus tahu kapan keputihannya bersifat normal dan mana keputihan yang bersifat tidak normal. Saat ini untuk mengetahui apakah keputihan yang dialami wanita bersifat normal atau tidak normal ( patologis ) bisa menggunakan tes laboratorium menggunakan cairan keputihan atau lendir yang dikeluarkan oleh organ intim wanita. Wanita juga diwajibkan melakukan pap smear untuk mengetahui kondisi serviksnya apakah ada luka/radang dan kelainan di serviks tersebut. Luka atau radang dan kelainan di serviks bisa membuat cairan keputihan wanita tidak normal dan menimbulkan banyak keluhan. Dan untuk mengetahui informasi menarik dan bermanfaat lainya simak terus obatkeputihan.web.id.

Baca Juga : Bahaya Keputihan Jika Disertai Gejala Lain

 

Leave a Reply