Inilah Mitos makanan penyebab keputihan

Inilah Mitos makanan penyebab keputihan

Masalah keputihan adalah masalah yang sejak lama menjadi persoalan bagi kaum wanita. Tidak banyak wanita yang tahu apa itu keputihan dan terkadang menganggap enteng persoalan keputihan pada wanita ini. Padahal keputihan tidak bisa dianggap enteng, karena akibat dari keputihan ini bisa sangat fatal bila lambat ditangani. Tidak hanya bisa mengakibatkan kemandulan dan hamil diluar kandungan, keputihan juga bisa merupakan gejala awal dari kanker leher rahim, yang bisa berujung pada kematian. Apa sebenarnya keputihan itu? Seperti apa ciri-cirinya? Dan bagaimana pencegahannya?

Menurut dr. Sugi Suhandi, spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS Mitra Kemayoran Jakarta, keputihan (flour albus) adalah cairan yang berlebihan yang keluar dari vagina. Keputihan bisa bersifat fisiologis (dalam keadaan normal) namun bisa juga bersifat patologis (karena penyakit). Dan keputihan tidak mengenal batasan usia. Berapa pun usia seorang wanita, bisa terkena keputihan.

Inilah Mitos makanan penyebab keputihan

Keputihan fisiologis biasanya terjadi pada masa subur, juga sebelum dan sesudah menstruasi. “Kadang saat itu ada lendir yang berlebihan, itu normal. Dan biasanya tidak gatal dan tidak berbau,” jelas dr. Sugi. Sedangkan kalau keputihan patologis , adalah keputihan yang terjadi karena infeksi pada vagina, adanya benda asing dalam vagina atau karena keganasan. Infeksi bisa sebagai akibat dari bakteri, jamur atau protozoa. Ciri-ciri keputihan patologis , warnanya tidak seperti lendir. “Keputihan patologis biasanya, warnanya seperti kepala susu, atau hijau kekuning-kuningan, atau bahkan bercampur darah, kalau keputihannya sudah menjadi penyakit,” ujar dr. Sugi. Ketika keputihan sudah menjadi penyakit, wanita yang menderita keputihan patologis ini akan merasa gatal pada daerah vagina, dan lendir yang keluar berbau, sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Banyak hal sebenarnya yang membuat wanita rawan terkena keputihan patologis . Biasanya penyebab keputihan patologis ini karena kuman. “Di dalam vagina sebenarnya bukan tempat yang steril. Berbagai macam kuman ada di situ. Flora normal di dalam vagina membantu menjaga keasaman pH vagina, pada keadaan yang optimal. pH vagina seharusnya antara 3,5-5,5. flora normal ini bisa terganggu. Misalnya karena pemakaian antiseptik untuk daerah vagina bagian dalam. Ketidakseimbangan ini mengakibatkan tumbuhnya jamur dan kuman-kuman yang lain. Padahal adanya flora normal dibutuhkan untuk menekan tumbuhan yang lain itu untuk tidak tumbuh subur. Kalau keasaman dalam vagina berubah maka kuman-kuman lain dengan mudah akan tumbuh sehingga akibatnya bisa terjadi infeksi yang akhirnya menyebabkan keputihan, yang berbau, gatal, dan menimbulkan ketidaknyamanan,” papar dr. Sugi yang sore itu ditemui di RS Mitra Kemayoran.

Begitu seorang wanita melakukan hubungan suami isteri, maka wanita tersebut terbuka sekali terhadap kuman-kuman yang berasal dari luar. Karena itu keputihan pun bisa didapat dari kuman penyebab penyakit kelamin yang mungkin dibawa oleh pasangan wanita tersebut. “Jadi sebaiknya jangan gonta ganti pasangan. Atau lebih baik tidak melakukan hubungan sampai menikah. Karena biasanya pada wanita yang belum pernah melakukan hubungan, dan hygienenya baik, jarang sekali kena keputihan patologis . Dan hati-hati, keputihan patologis juga bisa karena proses keganasan. Salah satu Tanda dari kanker leher rahim adalah, adanya keputihan yang berbau busuk bahkan berdarah,” papar dr. Sugi. “Pada wanita yang belum melakukan hubungan suami isteri, bisa juga terjadi keputihan. Namun penyebab keputihan bisa terjadi karena menggunakan celana dalam bersama, memakai handuk bersama, kurangnya menjaga kebersihan daerah vagina, lalu juga cara cebok yang salah,” tutur dr. Sugi.

Pemakaian sabun antiseptik yang sekarang banyak diiklankan, untuk daerah vagina, sebenarnya tidak masalah bila dipakai sebagai obat luar. Pembilasan vagina ( douchi ) dengan anti septik sebaiknya atas dasar indikasi bila terkena keputihan, sebaiknya ke dokter, daripada mengatasinya sendiri dengan obat-obatan antiseptik yang dimasukkan ke dalam vagina keputihan patologi harus diobati sesuai dengan penyebabnya,” ujar dr. Sugi.

Keputihan sebaiknya diobati sejak dini, begitu timbul gejala. Karena keputihan kalau sudah kronis dan berlangsung lama akan lebih susah diobati. Selain itu kalau keputihan yang dibiarkan bisa merembet ke rongga rahim kemudian kesaluran indung telur dan sampai ke indung telur dan akhirnya ke dalam rongga panggul. Tidak jarang wanita yang menderita keputihan yang kronis (bertahun-tahun) bisa menjadi mandul bahkan bisa berakibat kematian. “Berakibat kematian karena bisa mengakibatkan terjadinya kehamilan di luar kandungan. Kehamilan di luar kandungan, terjadi pendarahan, mengakibatkan kematian pada ibu-ibu,” tegas dr. Sugi. Selain itu yang harus diwaspadai, keputihan adalah gejala awal dari kanker mulut rahim. Jadi jangan sampai terlambat untuk tahu apa yang menjadi penyebab keputihan. Yang pasti jangan anggap remeh keputihan. Supaya kamu tidak menyesal di belakang hari nanti, karena akibat yang ditimbulkan oleh penyakit keputihan ini.

Inilah makanan yang selalu disangkut-sangkutkan dapat memicu keputihan, benarkah? atau hanya sekedar mitos !

Inilah Mitos makanan penyebab keputihan

1. Nanas

Nanas atau dikenal dengan istilah Ananas comosus , merupakan jenis buah yang selalu dikait-kaitkan dengan kemunculan keputihan. Padahal kemunculan keputihan tidak ada kaitannya dengan buah nanas bahkan nanas banyak megandung vitamin dan serat yang justru baik untuk kesehatan. Nanas juga mengandung asam amino, triptophan yang mampu menghindari diri anda dari defresi selain itu kandungan nanas yang memiliki antioksidan dan betakarotin mampu meningkatkan konsentrasi dan mencegah katarak.

2. Timun

Sebagian besar wanita sangat menghindari konsumsi ketimun. Mitosnya ketimun dapat memicu keputihan, benarkah ? Ketimun atau dalam bahasa latin Cucumis Sativus ternyata mengandung kandungan air yang cukup tinggi dan memiliki manfaat buat kesehatan .Kandungan vitamin A,B, dan C , mineral, magnesium, kalium, mangan dan silika mampu merawat kulit , melancarkan pencernaan dan mengobati diabetes. Selain itu, adanya kandungan asam malonat yang berfungsi mengurangi berat badan dan kandungan kukurbitasin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit hepatitis.

3. Pisang Ambon

Betulkan wanita lajang tidak boleh memakan pisang ambon? Alasan ilmiah yang dikutip dari republika menurut pakar gizi Prof Ir Ahmad Sulaeman MS PhD, penjelasan ilmiah bahwa kandungan pisang ambon membuat libido tinggi sehingga konsumsi terlalu banyak tidak disarankan untuk wanita lajang. Akan tetapi, tidak ada hubungan sama sekali dengan pemicu keputihan.

4. Minuman Soda

Kandungan gula berlebih yang terdapat di dalam minuman soda memang memicu timbulnya pertumbuhan ragi dan jamur. Jamur jenis candida albicans adalah salah satu jenis mikroorganisme yang dapat memicu keputihan, hal itu didukunng oleh pernyataan dari The Departement of Health And Human Service di Amerika Serikat .Mengkonsumsi soda harus dibatasi .

5. Buah yang dikeringkan

Buah yang dikeringkan mengandung kadar gula fruktosa yang tinggi hal ini menyebabkan perkembangan jamur yang tidak terkendali. Hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya perkembangan jamur di area kewanitaan sehingga memicu keputihan.

6. Keju

Makanan yang dihasilkan dari hasil fermentasi diduga memicu kemunculan jamur dan dapat terinfeksi sehingga menyebabkan keputihan. Makanan fermentasi lain seperti keju, pasta tomat, jamur dan bir. Disarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung ragi.

7. Terung

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat yang mengatakan bahwa terung memicu seseorang terkena keputihan, betulkah ? Faktanya malah berbanding terbalik, terung dengan kandungan Phycocynanin bahkan menyehatkan. Beraneka ragam penyakit dpaat dicegah dengan mengkonsumsi terung, seperti Alzheimer, Parkinson dan Huntington. Selain itu kandungan resveratrol mampu mencegah penyakit jantung.

Menurut Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang, dr Yusrawati, SpOG (K) menegaskan bahwa tidak ada jenis buah-buahan yang menimbulkan keputihan . Penyebab keputihan bukanlah faktor makanan akan tetapi infeksi dari bakteri, jamur, parasit dan virus. Makanan jenis tertentu memungkinkan jamur berkembang biak di dalam tubuh, tidak menutup memungkinkan jamur penyebab keputihan. Oleh karena itu , buat anda yang sedang mengalami keputihan.

Yang Perlu di perhatikan mengenai keputihan ini adalah:

  • Cara membilas vagina yang benar, setelah habis buang air besar atau sehabis buang air kecil, sebaiknya membilas vagina dari arah depan ke belakang ke arah anus.
  • Keputihan fisiologis (normal), ciri-cirinya, lendirnya seperti lendir bening, Tidak gatal dan tidak berbau.
  • Keputihan patologis (karena penyakit), ciri-cirinya, warna lendirnya tidak bening lagi tetapi putih seperti kepala susu, bisa kuning kehijauan atau kecoklatan, bahkan bisa kemerahan karena adanya darah. Biasanya disertai rasa gatal, dan ada bau yang menyertainya.

Penyebab Keputihan Patologis (Karena Penyakit):

  • Infeksi yang di akibatkan oleh bakteri, jamur, atau protozoa
  • Keganasan kanker leher rahim
  • Benda asing didalam vagina ( misalnya : kondom yang tertinggal)

Cara mencegah keputihan:

  • Menjaga kebersihan daerah vagina
  • Membilas vagina dengan cara yang benar
  • Jangan suka tukar-tukaran celana dalam menggunakan celana dalam bersama dengan teman wanita lainnya
  • Jangan menggunakan handuk bersamaan ( suka tukar-tukaran handuk )
  • Lebih berhati – hati dalam menggunakan sarana toilet umum
  • Jalani Pola hidup sehat, cukup tidur, olah raga teratur, makan makanan dengan gizi yang seimbang
  • Hindari gonta ganti pasangan dalam berhubungan
  • Bagi wanita yang sudah melakukan hubungan suami isteri, setiap tahun harus melakukan papsmear untuk mendeteksi perangai sel-sel yang ada di mulut dan leher rahim.

Nah itulah mitos-mitos tentang makanan penyebab keputihan yang perlu di ketahui, dan saran kami jangan pernah anggap enteng keputihan karena, keputihan ini dapat menjadi salah satu ciri bahwa terdapat penyakit yang serius dalam tubuh kita dan apalagi jika keputihan yang di alami ini berlebihan maka anda harus segara mengobatinya dan obat herbal alami yang terbukti ampuh dan berkhasiyat dalam mengobati keputihan adalah dengan menggunkan obat herbal alami Jelly Gamat Gold G obat herbal alami yang telah terbukti kekhasiyatan dan keampuhannya dalam mengobati segala macam penyakit sampai sembuh permanen.

Dan tidak hanya obat herbal alami jelly gamat gold g yang kami rekomendasikan sebagai pengobatan penyakit namun kami juga merekomendasikan obat herbal alami Eye Care Sofgel obat herbal alami yang ampuh mengatasi segala macam penyakit mata mungkin ini bisa di jadaikan sebagai obat herbal alami terbaik untuk mengatasi segala keluhan penyakit mata dan berikut informasi lebih lengkapnya.

EYE CARE SOFTGEL Solusi Ampuh dan AMAN Mengatasi Mata Anda

eye-care-softgel1

EYE CARE SOFTGEL Mengandung ekstrak Blueberry yang dibutuhkan untuk menjaga bola mata. Unsur VMA yang dikandung blueberry mampu meningkatkan regenerasi rhodopsin pada sel retina. Berkhasiat menjaga kesehatan mata, memperkuat fungsi mata, mengurangi mata lelah pelajar dan pengguna komputer, meningkatkan daya penglihatan di malam hari, efektif untuk mencegah dan memperbaiki gejala mata kering dan penurunan daya penglihatan, mencegah glaukoma dan katarak.

Khasiat dan Kegunaan :

Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan mata, memperbaiki sirkulasi di bagian mata, menjaga kesehatan kapiler, mengurangi lelah, sakit dan kering pada mata. Melindungi lensa mata, mencegah penurunan daya penglihatan, mencegah glaukoma pada orang tua, katarak dan presbyopia. Mencegah mata kering, mata merah, mata gatal, rabun jauh dll yang disebabkan oleh penggunaan mata yang terlalu lama maupun radiasi dari komputer atau TV.

Kelompok Pemakai :

Cocok untuk anak muda, dewasa, orang tua, anak sekolah, pekerja IT, pekerja yang banyak menggunakan komputer, supir, orang yang bekerja di tempat pencahayaannya kuat, orang yang ingin mencegah kebutaan, glaukoma, katarak, pendarahan retina, orang yang ingin memperbaiki daya penglihatan, pseudomyopia, penglihatan lemah, gejala pada retina sebagai komplikasi diabetes, retinitis pigmentosa, rabun senja.

Cara Pemakaian :

Dewasa sehari sekali sebanyak 1-2 butir setiap kalinya. Anak-anak sehari sekali sebanyak 1 butir setiap kalinya. Diminum dengan segelas air.

Komposisi :

  • Ekstrak Blueberry 35%
  • Eyebright 25%
  • Ekstrak Ginkgo Biloba 15%
  • Lutein 5%
  • Riboflavin 3%
  • Taurine 3%
  • Ekstrak Biji Anggur 10%
  • VA 1%
  • Zinc 3%
  • Net : 800mg x 100 softgel

Khasiat EYE CARE SOFTGEL :

Mata Katarak Mata Minus Mata Skleritis
Mata Rabun Dekat
Mata Rabun Jauh Mata Entropion
Mata Silinder Mata Juling Mata Ektropion
Mata Ablasio Retina
Mata Glaukoma Mata Konjungtivitis
Mata Keratitis
Mata Neoritis Optik
Mata Endoftalmitis
Mata Blefaritis Mata Ulkus Kornea Mata Uveitis

Inilah Mitos makanan penyebab keputihan

Baca Juga Artikel Lainnya :

Ketahui Penyebab Keputihan Pada Wanita

Bolehkan Ibu Hamil Muda Naik Ke Pesawat?

By :

Obat Keputihan Terbukti Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *