Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Selamat datang di salah satu situs resmi milik Zahra herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal yang aman dan mudah di dapatkan hanya di pihak Zahra herbal. Kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi cara mengatasi keputihan secara alami.

Cara mengatasi keputihan secara alami dapat dilakukan oleh wanita agar dapat menyembuhkan penyakit ini. Seorang wanita tentu pernah mengalami keputihan. Reaksi keputihan memang sangat wajar terjadi dan biasanya muncul menjelang periode menstruasi baik atau sesuah menstruasi selesai. Hal yang paling perlu diperhatikan adalah kondisi keputihan itu sendiri. Keputihan bisa terdiri dari beberapa karakter seperti putih, penuh air, lengket, hijau kekuningan atau bau yang tidak sedap. Setiap tanda keputihan yang berbeda memberikan petunjuk mengenai kondisi kesehatan reproduksi wanita.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Melihat berbagai jenis keputihan yang sangat banyak, maka wanita perlu mengetahui cara perawatan yang tepat. Melakukan berbagai perawatan keputihan sangat penting untuk menyembuhkan dan menjaga kesehatan reproduksi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati keputihan secara alami :

1. Jaga Kebersihan Pakaian Dalam dan Luar

Cara mengatasi keputihan secara alami paling ampuh adalah menjaga kebersihan seputar Miss “V”. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan pakaian dalam dan pakaian luar. Gunakan jenis pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun. Bahan katun akan menyebabkan area vagina menjadi tidak lembab dan kering. Hindari menggunakan bahan sintetis karena panas dan menghasilkan keringat berlebihan. Selain itu untuk pakaian luar hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Gunakan celana yang longgar sehingga area reproduksi menjadi lebih nyaman. Hal ini juga ampuh sebagai cara mengatasi keputihan yang gatal dan berlebihan.

2. Hindari Penggunaan Cairan Pembersih Vagina

Ada banyak jenis cairan pembersih vagina yang bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan untuk membeli bahan ini tidak perlu menggunakan resep dari dokter. Namun ternyata menggunakan cairan pembersih vagina justru bisa meningkatkan jumlah keputihan. Beberapa bahan kimia dalam cairan ini menyebabkan kerusakan pH murni dalam area vagina dan mematikan bakteri yang baik. Karena itu sebaiknya hindari penggunaan cairan pembersih vagina saat keputihan.

3. Gunakan Biji Fenugreek

Cara mengatasi keputihan secara cepat dapat menggunakan biji fenugreek. Biji fenugreek juga bisa membantu mengatasi keputihan dengan cara yang sangat alami. Biji fenugreek bisa meningkatkan jumlah pH dalam vagina. Jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan pengaruh untuk tingkat estrogen yang terlalu tinggi, terutama setelah periode menstruasi. Selain itu biji fenugreek juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Caranya : rendam satu sendok makan biji fenugreek dalam air mineral hangat selama 24 jam, kemudian saring dan tambahkan satu sendok makan. Lalu minum airnya ketika Anda belum makan pagi.

4. Gunakan Cuka Sari Apel

Bahan cuka sari apel juga sangat bermanfaat untuk mengobati keputihan terutama jika keputihan disebabkan oleh bakteri. Cuka sari apel bisa membantu vagina mendapatkan tingkat keseimbangan pH yang lebih sesuai. Selain itu cuka sari apel juga bisa membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam vagina dan mengurangi vagina yang terlalu berbau akibat infeksi jamur.

Caranya : campurkan cuka sari apel murni ke dalam segelas air mineral yang hangat, kemudian tambahkan madu lalu minum. Anda bisa minum selama satui hari sekali untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

5. Makan Pisang Setiap Hari

Anda juga bisa mengobati keputihan dengan cara yang sangat alami. Buah pisang menjadi buah yang bisa mengurangi keputihan dengan cara yang alami dan juga menyembuhkan keputihan itu sendiri. Pisang membantu tubuh mengatasi gangguan reproduksi dengan membantu menyeimbangkan hormon dari dalam tubuh. Untuk menghentikan keputihan dengan pisang Anda bisa mencoba untuk makan pisang selama dua kali sehari. Pisang juga sangat baik untuk membantu pencernaan yang sehat dan kandungan kalium pisang membantu meningkatkan detak jantung yang sehat.

6. Minum Jus Delima

Jus delima juga akan membantu mengatasi keputihan dengan cara yang sangat alami. Jus delima mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting yaitu meningkatkan keseimbangan hormon dan mencegah perkembangan bakteri dan virus.  Bahkan termasuk membunuh semua bakteri jahat yang berkembang dalam vagina. Cara menghentikan keputihan dengan delima adalah dengan minum jus delima satu kali sehari.

7. Jus Basil dan Susu

Cara mengobati keputihan secara alami adalah dengan jus basil dan susu. Basil memang sudah diakui sebagai tanaman obat yang bisa membantu mengatasi keputihan secara alami. Basil mengandung senyawa yang bisa meningkatkan kesehatan rongga vagina dan mengendalikan kondisi pH. Masalah pH yang tidak seimbang sering dialami oleh wanita terutama menjelang dan setelah periode menstruasi. Anda bisa mencoba menyembuhkan keputihan dengan cara menghaluskan beberapa lembar daun basil, kemudian campurkan dengan satu gelas susu rendah lemak. Metode ini bisa menyembuhkan keputihan selama satu atau dua minggu setelah terapi.

8. Minum Jahe Hangat

Jahe merupakan jenis tanaman rimpang yang dipercaya memiliki khasiat yang sangat tinggi. Rimpang jahe mengandung senyawa alami yang bisa berfungsi untuk mencegah radikal bebas dan juga melawan infeksi bakteri dan virus. Bahkan ini juga bisa melawan bakteri jahat yang berkembang dalam vagina. Anda bisa menyembuhkan keputihan dengan cara merebus saru gelas air minum dengan satu ruas kecil jahe segar. Setelah mendidih maka angkat dan saring. Anda bisa langsung meminumnya ketika masih hangat. Anda bisa menambahkan gula batu atau madu agar rasanya lebih nikmat.

9. Makan Yogurt

Yogurt merupakan makanan yang mengandung sumber probiotik alami yang sangat tinggi. Kandungan bakteri baik dalam yogurt bisa melawan pertumbuhan bakteri jahat di dalam vagina yang menyebabkan keputihan. Yogurt juga bisa membantu melawan infeksi jamur yang sering terjadi pada vagina. Bahkan yogurt bisa memelihara organ reproduksi dari dalam tubuh. Untuk menyembuhkan keputihan dengan yogurt maka Anda bisa makan yogurt setiap hari. Ini cara alami yang akan menyeimbangkan kondisi organ reproduksi dari dalam tubuh.

10. Minum Jus Anggur dan Madu

Minuman lain seperti jus anggur dan madu juga bisa membantu menyembuhkan keputihan. Anggur mengandung zat yang bisa melawan bakteri dan virus penyebab keputihan. Bahkan kandungan warna alami unggu dan merah pada anggur bisa meningkatkan kadar pH alami pada rongga vagina. Anda bisa membuat jus anggur tanpa mengupas kulitnya dan campurkan dengan satu sendok madu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat maka jangan mencampurkan air pada jus anggur. Jus anggur yang murni akan membantu menyembuhkan keputihan dengan cepat.

11. Hindari Mengkonsumsi Makanan Berminyak

Makanan berminyak mengandung lemak yang bisa menyebabkan keputihan menjadi lebih parah. Makanan yang berminyak bisa menyebabkan kadar hormon dalam tubuh mengalami perubahan. Kadar hormon yang tidak seimbang inilah yang kemudian akan merubah keputihan menjadi lebih buruk. Selain itu makanan berminyak juga menyebabkan kondisi metabolisme tubuh terhambat. Jadi selama keputihan maka sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan berminyak.

12. Hindari Kafein

Selama keputihan sebaiknya wanita juga harus menghindari mengkonsumsi kafein secara berlebihan. Kafein bisa menyebabkan kondiri perubahan hormon terutama estrogen. Penurunan dan peningkatkan jumlah estrogen akan mempengaruhi kondisi pH dan bakteri baki dalam vagina. Hal ini cenderung menyebabkan keputihan lebih memburuk. Bahkan jika terjadi pada wanita yang masuk dalam masa menopause maka bisa menyebabkan keputihan yang sangat parah. Jadi selama keputihan maka hindari minum kopi, teh atau jenis minuman lain yang mengandung kafein.

13. Menggunakan Panty Liner

Cara mengatasi keputihan yang berbau pada wanita dapat memanfaatkan panty liner. Untuk mengatasi keputihan maka wanita juga bisa menggunakan panty liner. Pembalut tipis dan nyaman ini akan merubah kondisi pH dalam vagina dan memerangi pertumbuhan bakteri buruk yang berlebihan. Wanita disarankan untuk memilih jenis panty liner yang terbuat dari kapas murni dan bisa membentuk kondisi lingkungan yang nyaman untuk vagina. Hindari jenis panty liner yang terbuat dari campuran bahan sintetis. Rekomendasi jenis panty liner juga bisa didapatkan dari dokter setelah pemeriksaan. Dokter biasanya merekomendasikan jenis panty liner khusus yang bisa menghentikan keputihan. Dan jangan lupa simak terus obatkeputihan.web.id untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya.

Baca Juga : Ada Beberapa Warna Keputihan Yang Harus Anda Ketahui

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security *