Cara Mengakalinya Agar Tidak Hamil

Cara Mengakalinya Agar Tidak Hamil

Bagi Anda yang tidak ingin anak-anak untuk menggunakan kontrasepsi sebagai cara yang aman untuk mencegah kehamilan. Beberapa sumber dapat digunakan IUD, kondom, pil dan suntikan.

Kontrasepsi dapat membantu memperlambat kehamilan, namun sebagian besar masih tidak dapat melindungi diri terhadap risiko penyakit menular seksual. Untuk pasangan yang berisiko penyakit menular seksual, disarankan untuk menggunakan kondom, meskipun diletakkan pada metode kontrasepsi lainnya.

Cara Mengakalinya Agar Tidak HamilMetode kontrasepsi

Cara Mengakalinya Agar Tidak Hamil | Saat ini, banyak pilihan kontrol kelahiran yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan setiap pengguna. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sebagai referensi, Anda dapat membandingkan metode yang berbeda di bawah ini sebelum membuat pilihan Anda.

  • Kontrasepsi hormonalCara Mengakalinya Agar Tidak Hamil | Termasuk kontrasepsi hormonal adalah pil, suntikan, dan implan (implan). Hormon dimasukkan ke dalam tubuh mirip dengan hormon sintetisyang dalam tubuh, yaitu estrogen dan progesteron.

    Operasi hormon ini adalah untuk mengubah reaksi kimia dari tubuh wanita. Efeknya adalah untuk mencegah ovarium melepaskan sel telur yang tidak dapat dibuahi oleh sperma. Lainnyaadalah respon membuatnya mengental lendir leher rahim, mencegah sperma mencapai sel telur. 

    Khasiat kontrasepsi hormonal mencapai 90 persen. Namun, jika Anda menggunakannya dengan benar, sesuai petunjuk, dan dilakukan secara teratur, tingkat efektivitas bisa mencapai 99 persen.

  • Kontrasepsi penghalang (barrier) 

    Kontrasepsi digunakan pada saat akan berhubungan seks. Cara kerjanya dicapai dengan menghalangi sperma untuk oosit. Contoh kontrasepsi kondom, apakah dikenakan oleh pria dan wanita. 

    Kondom yang terbuat dari lateks. Efektivitas kondom dalam pencegahan kehamilan adalah 80 hingga 98 persen. Anda juga dapat memilih untuk kondom wanita. Bentuk mangkuk dengan tekstur yang halus dan tipis. Bagaimana itu adalah dengan menggunakan sebagian besar alat-alat ini termasuk vagina selama hubungan seksual kehendak. Efektivitas dalam mencegah kehamilan adalah sekitar 80 persen. 

    Keuntungan lain dari penggunaan kontrasepsi cenderung lebih efektif dalam mencegah penyakit menular seksual (PMS) dan tersedia di apotek terdekat.

  • Alat kontrasepsi (IUD) 

    IUD atau AKDR (alat kontrasepsi) adalah perangkat yang dipasang di dalam rahim. Bentuk huruf T, sebagian besar tembaga.Tingkat efektivitas kontrasepsi tersebut dalam pencegahan kehamilan mencapai 99 persen. Keuntungan lain, IUD dapat digunakan selama 10 tahun, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang lupa untuk menggunakan kontrasepsi. Saat ini tersedia IUD dengan hormon yang dapat digunakan selama 5 tahun.

  • Permanen Kontrasepsi 

    Kontrasepsi dicapai dengan mengubah bagian tubuh untuk secara permanen hamil.Kontrasepsi tidak pada pria (disebut vasektomi), dan perempuan dilakukan (yang disebut ligasi tuba). 

    Dilakukan pada vasektomi proses blok atau pemotongan tabung yang sperma dari testis ke penis mengenakan. Jadi, jika berhubungan seks, sperma tidak dapat mencapai air mani. Sperma yang dihasilkan saat bercinta tidak lagi mengandung sperma tidak dapat membuahi sel telur wanita. 

    Efektivitas metode ini, lebih dari 99 persen. Metode ini hanya dapat oleh para ahli medis, termasuk prosedur bedah. Prosesnyahanya selama 15 menit, dan, karena itu, hanya bius lokal diperlukan. 

    Pada wanita, sterilisasi dilakukan dengan memblokirtuba tangan tuba diovariektomi dekat pada rahim. Ovarium memiliki telur, tapi telur ke rahim tidak bisa dan tidak akan bertemu dengan sperma. 

    Efektivitas metode ini mencapai 99 persen. Anda bisa mendapatkan kontrasepsi melalui pengobatan dokter bedah. Hal ini mungkin dilakukan dengan anestesi lokal atau anestesi umum diberikan.

Tips Menggunakan pil kontrasepsi dan kondom

Cara Mengakalinya Agar Tidak Hamil | Jika Anda memilih untuk menggunakan alat kontrasepsi dijual bebas di pasaran, seperti kondom dan pil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Periksa tanggal kadaluarsa 

    Pil kontrasepsi yang telah berlalu kurang efektif sebagai langkah untuk menjadi hamil. Sementara itu, kondom dapat melanjutkan rusak dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

  • Hindari suhu panas 

    Hindari menggunakan pil dan kondom terkena panas, seperti kecokelatan di bawah sinar matahari langsung. Kadang-kadang, penempatan di toko bahkan kurang perhatian. Juga hindari menyimpan ini penggunaan kontrasepsi di mobil atau tas untuk tidak terjebak dalam udara panas.

  • Tidak merusak produk 

    Kurang hati-hati saat pembukaan kemasan kondom, risiko menyebabkan kondom yang robek atau rusak. Akibatnya, hal itu dapat berdampak pada tingkat efektivitas.

  • Ikuti petunjuk penggunaan 

    Pil KB mungkin tidak bekerja secara efektif jika penggunaannya tidak rutin dilakukan. Kondom tidak bekerja dengan baik, bahkan jika penggunaannya salah. Oleh karena itu, penggunaan yang ada ikuti petunjuk pada kemasan atau Anda dapat berkonsultasi dengan dokter segera.

Cara Mengakalinya Agar Tidak Hamil | Cara yang lebih aman untuk melakukan ini adalah tidak hamil, tetapi Anda harus melakukannya secara bertanggung jawab. Terlepas dari keamanan dapat diberikan pada penggunaan selain kondom, kontrasepsi, perubahan pasangan seksual tetap berisiko meningkatkan kemungkinan tertular penyakit menular seksual.

Baca Juga :

Cream Pemutih Wajah Yang Ampuh

Pemutih Wajah Yang Aman

Obat Pemutih Badan Dan Wajah yang Permanen

Post by : Obat Keputihan

One thought on “Cara Mengakalinya Agar Tidak Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *