Apakah Keputihan Saat Hamil Berbahaya

Apakah Keputihan Saat Hamil Berbahaya

Selamat datang di salah satu situs resmi milik Zahra herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal yang aman dan mudah di dapatkan hanya di pihak Zahra herbal. Kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi apakah keputihan saat hamil berbahaya? Maka untuk penjelasan lengkapnya silahkan simak berikut ini.

Bahaya keputihan bagi ibu hamil banyak yang tidak diketahui oleh ibu hamil. Keputihan juga sering disepelekan oleh ibu hamil sebab banyak ibu hamil mengira keputihan tersebut merupakan hal normal. Memang selama kehamilan ibu hamil mengeluarkan banyak cairan, diantaranya adalah cairan vagina atau lendir. sehingga ibu hamil menganggap keputihan merupakan hal biasa dan bisa diabaikan. Anggapan tersebut adalah anggapan yang salah, hal itu dikarenakan ibu hamil tidak boleh menyepelekan keputihan yang menimpanya. Memang ibu hamil akan memiliki cairan vagina yang berlebihan dan yang harus diperhatikan oleh ibu hamil adalah normal atau tidaknya cairan vagina tersebut.

Apakah Keputihan Saat Hamil Berbahaya

Keputihan Tidak Normal

Ibu hamil harus tahu bagaimana caranya membedakan mana keputihan yang normal dan mana keputihan yang tidak normal. Keputihan yang normal tidak akan membahayakan sedangkan keputihan yang tidak normal akan membahayakan.

Berikut ini tanda-tanda keputihan yang tidak normal dan harus diwaspadai :

  • Berbau
  • berwarna
  • volumenya banyak
  • menimbulkan gatal
  • datang setiap waktu
  • sakit ketika berkemih
  • menimbulkan rasa panas

Banyak ibu hamil yang tidak mengetahui apa saja bahaya keputihan tidak normal selama kehamilan. Kurangnya pengetahuan ibu hamil tentang keputihan tidak normal dan bahaya keputihan tidak normal tersebut menyebabkan ibu hamil menyepelekan keputihan yang datang menimpanya. Ibu hamil banyak yang tidak sadar jika keputihan yang dialaminya adalah keputihan tidak normal sehingga ibu hamil menganggap bahwa dirinya baik-baik saja dan tidak ada masalah apapun di dalam dirinya.

Berikut bahaya keputihan patologis ( tidak normal ) bagi ibu hamil :

1. Lahir Prematur

Salah satu bahaya keputihan bagi ibu hamil adalah menyebabkan bayi terlahir prematur. Bayi yang lahir di usia kurang dari 38 minggu bisa dikatakan lahir secara prematur. Bayi yang lahir prematur memiliki berbagai macam organ yang belum sempurna. Akibatnya bayi yang dilahirkan secara prematur menyebabkan organ bayi tersebut belum berkembang secara sempurna, sehingga angka kehidupan bayi prematur di bawah usia 38 minggu tergolong rendah.

2. Ketuban Pecah Sebelum Waktunya

Ciri-ciri air ketuban pecah biasanya ketika akan mendekati persalinan, sayangnya ibu hamil yang mengalami keputihan patologis akan menyebabkan ketubannya pecah sebelum waktunya. Jika ketuban pecah sebelum waktunya, hal itu menandakan bahwa ibu hamil akan mengalami persalinan dini. Tidak heran jika persalinan dini akan menyebabkan bayi lahir secara prematur.

3. Berat Badan Bayi Rendah

Jika bayi dilahirkan secara prematur, akibatnya adalah bayi tersebut memiliki berat badan yang rendah. Bayi dengan berat badan yang rendah bisa membuat bayi tersebut memerlukan perawatan khusus dan juga ruangan khusus. Bayi juga rentan untuk terkena berbagai macam gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan itu misalnya malnutrisi, gizi buruk dan organ yang belum berkembang secara sempurna.

4. Kontraksi Dini

Keputihan tidak normal juga bisa menyebabkan ibu hamil mengalami kontraksi dini. Kontraksi dini itu adalah ibu hamil mengalami perut mulas dan kencang, ibu hamil juga akan mengalami pegal-pegal. Kontraksi merupakan tanda-tanda akan melahirkan. Jika sudah begini, ibu hamil akan diberikan obat penguat kandungan agar janin yang dikandungnya tidak mengalami lahir prematur atau bahkan keguguran.

5. Menular Ke Bayi

Ibu hamil tidak boleh menganggap remeh keputihan tidak normal yang dialaminya. Bahaya keputihan bagi ibu hamil, bisa menyebabkan penularan ke bayi yang ada di dalam rahim. Sehingga bayi yang ada di dalam kandungan juga akan mengalami masalah keputihan ini. Berikut ini ciri bayi anda terkena keputihan tidak normal :

  • Bayi akan menangis ketika berkemih, hal itu dikarenakan bayi merasakan kesakitan ketika berkemih. Rasanya pun sama dengan keputihan pada orang dewasa.
  • Bayi akan memiliki vulva yang berwarna kemerahan, anda bisa melihat vulva bayi jika berwarna merah itu berarti bayi anda juga terkena keputihan.
  • Bayi akan merasakan kesakitan sehingga dia akan menangis sepanjang waktu.
  • Bayi Terkena Infeksi

Dampak bahaya lainnya adalah bayi akan terkena infeksi. Bakteri dan jamur penyebab keputihan bisa menembus plasenta, masuk ke dalam cairan ketuban dan juga masuk ke dalam tubuh bayi. Akibatnya bayi pun akan mudah terkena infeksi terutama infeksi di alat kelaminnya.

6. Perkembangan Janin Terganggu

Dampak bahaya keputihan bagi ibu hamil yang tidak normal, adalah janin di dalam kandungan ibu hamil terganggu perkembangannya. Jika sudah begitu, organ di dalam bayi atau janin pun akan terganggu karena tidak berkembang sesuai mestinya. Anda bisa bayangkan bagaimana jadinya jika perkembangan janin terganggu, hingga perkembangan organ pun terganggu sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

7. Menyebabkan Kebutaan

Jangan menganggap remeh keputihan tidak normal yang dialami oleh ibu hamil, alasannya adalah keputihan tersebut bisa menyebabkan bayi mengalami kebutaan. Keputihan yang disebabkan oleh bakteri Neisserea Gonorrhoeae bisa membuat janin yang ada di dalam kandungan mengalami kebutaan.

8. Kematian

Bahaya keputihan bagi ibu hamil yang disebabkan oleh virus HPV bisa membuat bayi mengalami kematian. Selain menyebabkan kematian, bayi yang ada di dalam kandungan akan mengalami gangguan ketika bernafas dan juga gangguan sistem pencernaan.

9. Epilepsi

Epilepsi merupakan penyakit yang menular, epilepsi adalah penyakit kejang yang diikuti dengan keluarnya busa dari mulut seseorang. Bayi di dalam kandungan bisa terkena epilepsi akibat jamur Candida yang menyebabkan seseorang terkena keputihan tidak normal.

10. Radang Otak

Radang otak tidak boleh disepelekan, radang otak bisa menyebabkan kematian pada bayi jika terlambat ditangani. Keputihan tidak normal yang dialami oleh ibu hamil bisa menyebabkan bayi yang ada di dalam kandungan terkena radang otak. Penyebab radang otak itu adalah virus bernama herpes simpleks. Virus itu juga menjadi penyebab keputihan tidak normal bagi ibu hamil.

11. Keguguran

Infeksi Chlamydia adalah infeksi yang menyebabkan keputihan tidak normal bagi ibu hamil. Akibatnya adalah bayi di dalam ibu hamil bisa keguguran, terutama kehamilan dengan usia muda.

Cara Mencegah Keputihan

Keputihan selama kehamilan itu adalah hal wajar selama keputihan tersebut tidak menimbulkan keluhan. Baik ibu hamil muda maupun hamil tua pasti akan mengalami yang namanya keputihan. Agar terhindar dari keputihan yang tidak normal ibu hamil perlu meakukan hal-hal di bawah ini :

1. Hindari Memakai Celana Ketat

Ibu hamil tidak boleh memakai celana ketat, hal itu dikarenakan celana ketat merupakan larangan ibu hamil yang bisa mempengaruhi janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu, celana ketat seperti jeans ketat bisa membuat perkembangan bakteri dan jamur di dalam vagina semakin berkembang pesat. Akibatnya orang yang suka memakai celana ketat seperti jeans bisa rentan terkena keputihan.

2. Hindari Memakai Celana Dalam Nilon

Celana dalam nilon merupakan celana dalam yang tidak bisa menyerap keringat, bahan nilon yang panas bisa menimbulkan jamur dan juga bakteri berkembang pesat di dalam vagina. Untuk menghindari keputihan sebaiknya ibu hamil menggunakan celana katun. Celana dalam katun memiliki daya serap tinggi terhadap keringat. Celana katun juga sejuk jika digunakan sehingga tidak membuat lembab. Memang harga celana dalam nilon lebih murah dibandingkan dengan celana dalam katun, namun untuk menghindari keputihan celana katun bisa digunakan.

Simak terus obatkeputihan.web.id untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat lainnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

 

Leave a Reply